Cara Mengatur jadwal makan dan jadwal minum ASI

5

Membuat jadwal makan dan jadwal minum ASI perlu dilakukan oleh para Bunda yang sudah mulai mengenalkan MPASI pada si kecil. Sebab minum ASI (atau susu formula) memberikan efek kenyang yang cukup lama, kurang lebih 3 jam. Bila tidak diatur jadwalnya, bisa-bisa si kecil sulit menerima asupan MPASI karena sudah kenyang.

Jadwal makan yang teratur pun membantu si kecil menciptakan pola ritme biologisnya. Pola ini akan makin memudahkan Bunda untuk memberinya makan lho!

Saran dari Tim Dapur RMB, jangan berikan asupan ASI (sufor) mendekati jam makan. Beri jeda 2-3 jam sebelum si kecil makan MPASI-nya. Demikian juga dengan makanan camilan dan buah, beri jeda lagi sekitar sejam setelah makan padat. Pemberiannya pun tidak perlu banyak sebab pada usia 6-7 bulan, bayi masih dalam tahap perkenalan dengan aneka MPASI, camilan dan buah.

Nah, bila bayi Bunda ternyata menolak diberi makanan lain selain ASI (susu formula), sebaiknya jangan dipaksa ya! Silakan Bunda coba lagi lain waktu.

Bagi bayi, makan adalah sebuah proses belajar dan petualangan baru. Biarkan mereka menikmati prosesnya sesuai kemampuan. Memaksakan kehendak kita hanya akan membuat si kecil frustasi dan ujung-ujungnya menolak makan sama sekali.

Selamat mencoba ya, Bunda…

Leave a Reply