Resep Tahu Petis Khas Semarang Yang Pedas Enak Dan Sederhana

5

Resep Tahu Petis Khas Semarang Yang Pedas Enak Dan Sederhana  – Kamu suka gorengan? coba deh rasakan nikmatnya tahu petis jajanan khas semarang ini. Pada dasarnya tahu petis ini hanyalah tahu putih yang digoreng seperti tahu pong tapi tidak asin. Tahu petis tidak diberi bumbu sama sekali, hanya saja disantap dengan sambal petis. Sambal petis sendiri memiliki ciri khas berwarna hitam karena terbuat dari udang. Petis yang memiliki rasa manis agak asin berpadu dengan pedasnya cabai rawit semakin menggunggah selera.

Tahu petis adalah jajanan khas kota Semarang. Kendati demikian sekarang sudah menyebar di kota kota lain. Biasanya tahu petis dijajalan dengan gerobak dorong dipinggir pinggir jalan. Kunci utama dalam membuat tahu petis tentunya adalah kualitas tahu itu sendiri karena memang bahan utamanya adalah tahu. Pilihlah tahu yang lembut dan tidak asam. Selain itu saat pengorengan pastikan minyak sudah dalam keadaan benar benar panas. Goreng tahu hingga bagian luarnya kecoklatan tapi bagian dalamnya masih sedikit basah. Setelah matang tinggal dibelah dan beri sambal petisnya. Oke untuk lebih detailnya simak resepnya dibawah ini

Resep Tahu Petis Khas Semarang

Resep Tahu Petis Khas Semarang

Resep Tahu Petis Khas Semarang

Bahan bahan :

  • tahu putih 10 potong
  • petis 200 gram
  • bawang putih 3 siung
  • cabai rawit 5 buah atau sesuai selera masing masing
  • air, garam dan gula secukupnya

Cara Membuat tahu petis :

  1. Panaskan minyak, goreng tahu hingga kecoklatan. Tiriskan
  2. Haluskan bawang putih serta cabai rawit
  3. Panaskan air hingga mendidih, kemudian masukan petis, garam, gula dan bumbu yang sudah dihaluskan tadi.
  4. Masak sampai mengental sambil diaduk aduk
  5. Belah tahu yang sudah digoreng, oleskan sambal petis.

Mudah kan untuk membuat Resep Tahu Petis makanan khas semarang ini. Sajikan tahu petis ini sebagai camilan saat sore hari atau ketika bersantai. Kalau disemarang, petisnya ada dua jenis yakni versi pasar dan versi kemasan. Versi kemasan lebih halus dan mengkilat, namun harganya lebih mahal. Sementara versi pasar warnanya hitam pekat dan kental dan jenis ini yang biasa digunakan oleh penjual gorengan. Selamat mencoba resep camilan khas semarang ini, semoga berhasil ya.

Leave a Reply